31 Julai 2009

Astronom Temukan Tiga ''Bumi Super"

Oleh : Sirajuddin Abbas

Sekelompok peneliti Eropa menyatakan telah menemukan tiga super-Earth, planet mirip bumi dengan massa lebih besar. Ketiganya mengorbit pada bintang di dekatnya. Tim peneliti ini juga mengaku menemukan dua tata surya lain.

Dalam sebuah konferensi di Prancis, tim Eropa tersebut mengatakan, temuan itu menunjukkan bahwa planet mirip bumi mungkin saja sangat banyak di jagat raya ini. ''Akankah itu berarti tiap bintang pasti dikelilingi planet-planet? Kalau ya, berapa? Kita belum bisa menjawab pertanyaan itu sekarang. Tapi, kita telah mengalami kemajuan besar," kata Michel Mayor dari Geneva Observatory di Swiss.

Ditambahkan Mayor, ketiga planet mirip bumi tersebut mengorbit pada sebuah bintang yang sedikit lebih kecil daripada matahari. Letak bintang itu sekitar 42 tahun cahaya di sebelah selatan konstelasi Doradus dan Pictor.

Massa ketiga planet tersebut lebih besar daripada bumi. Planet pertama 4,2 kali bumi, yang kedua 6,7 kali bumi, dan yang ketiga 9,4 kali massa bumi. Namun, kecepatan mengorbit mereka luar biasa. Yang paling cepat mengorbit dalam empat hari, yang kedua 10 hari, dan yang paling lambat 20 hari. ''Bandingkan dengan bumi yang mengorbit matahari dalam 365 hari," tambahnya.

Temuan itu didapatkan tim Mayor dengan memanfaatkan High Accuracy Radial velocity Planet Searcher (HARPS), teleskop di La Silla observatory di Cile. Sejauh ini, 270 exoplanets telah ditemukan, kebanyakan berukuran sangat besar, mirip Jupiter atau Saturnus. Planet-planet lebih kecil yang mendekati ukuran bumi jauh lebih sulit dilacak. ''Tapi, dengan peralatan seperti spektograf HARPS, kita sekarang bisa menemukan planet-planet yang lebih kecil, yang massanya 2-20 kali massa bumi,'' kata Stephane Udry, peneliti lain dalam tim tersebut.

Tim Eropa itu mengaku juga menemukan sebuah planet dengan massa 7,5 kali bumi. Planet tersebut mengorbit pada bintang HD 181433 dalam 9,5 hari. Bintang itu juga memiliki planet mirip Jupiter yang mengorbit tiap tiga tahun.

Tata surya lain yang mereka temukan memiliki planet dengan massa 22 kali bumi yang mengorbit tiap empat hari, serta planet mirip Saturnus yang mengorbit tiap tiga tahun. ''Jelas, planet-planet ini hanya puncak gunung es. Analisis kami menunjukkan, sekitar sepertiga dari bintang-bintang mirip matahari memiliki super Earth atau planet mirip Neptunus dengan kecepatan mengorbit 50 hari," papar Mayor.

2 ulasan:

Sheikh Sambal berkata...

Mahukah kita ke sana...kalau mengobit selesai dalam masa 2, 3 hari maknanya...setahun di sana adalah 3 hari bumi.... harus cepat tua kalau tinggal di sana... adus...biar aku minggir di sini saja pak!

Tanpa Nama berkata...

sheikh, nak pi pun kta dah mati hahaha 42 juta thn chy tuh