26 Disember 2009

Keperibadian Rasulullah ..

9 Muharram 1431

Solehan Ghafar

Di sudut pasar Madinah ada seorang pengemis Yahudi buta yang setiap harinya selalu berkata kepada setiap orang yang mendekatinya, Wahai saudaraku, jangan dekati Muhammad, dia itu orang gila, dia itu pembohong, dia itu tukang sihir, apabila kalian mendekatinya maka kalian akan dipengaruhinya..

Namun, setiap pagi Muhammad Rasulullah SAW mendatanginya dengan membawakan makanan, dan tanpa berucap sepatah kata pun Rasulullah SAW menyuapkan makanan yang dibawanya kepada pengemis itu sedangkan pengemis itu tidak mengetahui bahwa yang menyuapinya itu adalah Rasulullah SAW. Rasulullah SAW melakukan hal ini setiap hari sampai beliau wafat.

Setelah wafatnya Rasulullah SAW, tidak ada lagi orang yang membawakan makanan setiap pagi kepada pengemis Yahudi buta itu. Suatu hari sahabat terdekat Rasulullah SAW yakni Abubakar RA berkunjung ke rumah anaknya Aisyah RA yang juga merupakan isteri Rasulullah SAW dan beliau bertanya kepada anaknya itu,Anakku, adakah kebiasaan kekasihku yang belum aku kerjakan?

Aisyah RA menjawab,Wahai ayah, engkau adalah seorang ahli sunnah dan hampir tidak ada satu kebiasaannya pun yang belum ayah lakukan kecuali satu saja. Apakah Itu?, tanya Abubakar RA. Setiap pagi Rasulullah SAW selalu pergi ke ujung pasar dengan membawakan makanan untuk seorang pengemis Yahudi buta yang ada disana, kata Aisyah RA.

Keesokan harinya Abubakar RA pergi ke pasar dengan membawa makanan untuk diberikan kepada pengemis itu. Abubakar RA mendatangi pengemis itu lalu memberikan makanan itu kepadanya. Ketika Abubakar RA mulai menyuapinya, sipengemis marah sambil menghardik, Siapakah kamu? Abubakar RA menjawab,Aku orang yang biasa (mendatangi engkau). Bukan! Engkau bukan orang yang biasa mendatangiku, bantah si pengemis buta itu.

Apabila ia datang kepadaku tidak susah tangan ini memegang dan tidak susah mulut ini mengunyah. Orang yang biasa mendatangiku itu selalu menyuapiku, tapi terlebih dahulu dihaluskannya makanan tersebut, setelah itu ia berikan padaku, pengemis itu melanjutkan perkataannya.

Abubakar RA tidak dapat menahan air matanya, ia menangis sambil berkata kepada pengemis itu, Aku memang bukan orang yang biasa datang padamu.. Aku adalah salah seorang dari sahabatnya, orang yang mulia itu telah tiada. Ia adalah Muhammad Rasulullah SAW.

Seketika itu juga pengemis itu pun menangis mendengar penjelasan Abubakar RA, dan kemudian berkata, Benarkah demikian? Selama ini aku selalu menghinanya, memfitnahnya, ia tidak pernah memarahiku sedikitpun, ia mendatangiku dengan membawa makanan setiap pagi, ia begitu mulia....

Pengemis Yahudi buta tersebut akhirnya bersyahadat di hadapan Abubakar RA saat itu juga dan sejak hari itu menjadi muslim.

Nah, wahai saudaraku, bisakah kita meneladani kemuliaan akhlaq Rasulullah SAW?
Atau adakah setidaknya niatan untuk meneladani beliau? Beliau adalah ahsanul akhlaq, semulia-mulia akhlaq.

Kalaupun tidak bisa kita meneladani beliau seratus persen, alangkah baiknya kita berusaha meneladani sedikit demi sedikit, kita mulai dari apa yang kita sanggup melakukannya.

Sebarkanlah riwayat ini ke sebanyak orang apabila kamu mencintai Rasulullahmu....

Sadaqah Jariah salah satu dari nya mudah dilakukan, pahalanya?
MasyaAllah....macam meter taxi...jalan terus.

Hampir keluar air mata saya apabila membaca kisah rasulullah ini…

Sadaqah Jariah - Kebajikan yang tak berakhir.

1. Berikan al-Quran pada seseorang, dan setiap dibaca, Anda mendapatkan hasanah..

2. Sumbangkan kursi roda ke RS dan setiap orang sakit menggunakannya, Anda dapat hasanah.

4. Bantu pendidikan seorang anak.

5. Ajarkan seseorang sebuah do'a. Pada setiap bacaan do'a itu, Anda dapat hasanah.

6. Bagi CD Quran atau Do'a.

7. Terlibat dalam pembangunan sebuah mesjid.

8. Tempatkan pendingin air di tempat umum.

9. Tanam sebuah pohon. Setiap seseorang atau binatang berlindung dibawahnya, Anda dapat hasanah.

10. Bagikan email ini dengan orang lain. Jika seseorang menjalankan salah satu dari hal diatas, Anda dapat hasanah sampai hari Qiamat.

Seni Tarian Etnik Hui di China



Terdapat beberapa bentuk nyanyian dan tarian yang tersebar di kalangan penduduk etnik Hui. Antaranya, Huaer yang tersebar di kalangan penduduk untuk mengekspresikan harapan orang muda terhadap kemurnian alam percintaan. Pelbagai acara kesenian tradisi seperti nyanyian, tarian dan bermain alat muzik sering dipertunjukkan dalam sesuatu persembahan masyarakat Hui. Pertama, persembahan tarian dengan gaya berseorangan dan dengan berpasangan berlangsung dengan penuh keriangan sentiasa dimainkan pada majlis keraian dan jamuan makan. Tarian etnik Hui itu dipersembahkan oleh penari lelaki yang menyanyi sambil menari.

Kedua, tarian pada majlis jamuan yang dipersembahkan oleh penari lelaki, yang menyanyi sambil menari dengan diselangi oleh keunikan silat Wushu yang teguh, pantang berundur dan sentiasa bersedia. Tarian yang dipersembahkan itu, iaitu persembahan "Lagu Jamuan Makan Etnik Hui" menunjukkan kemeriahan suasana jamuan makan pada majlis perkahwinan tradisional etnik Hui yang berlangsung di Yinchuan, Wilayah Autonomi Hui Ningxia. Ketiga, tarian yang dipersembahkan oleh penari perempuan. Ada juga persembahan ini yang dibuat oleh penari lelaki di Ningxia. Tarian itu sentiasa dimainkan oleh seorang penari perempuan dengan alat tiupan yang menawan hati. Persembahan muzik itu berirama merdu, lemah gemalai sebagai melahirkan perasaan kegembiraan, kemarahan dan kesedihan. Ramai warga tua dan orang muda etnik Hui di seluruh negara pandai memetik alat muzik bertali itu. Persembahan tarian juga diadakan semasa menyambut hari raya, iaitu Aidilfitri dan hari raya Korban. Tarian menggunakan belantan merupakan tarian gaya permainan belantan dengan diiringi irama muzik Huaer. Tarian cambuk gelung besi pula sentiasa dipersembahkan oleh penari lelaki di Yinnan Wilayah Autonomi Hui Ningxia.

Tarian etnik Hui bukan sahaja menawan hati, tetapi memperlihatkan kehidupan sebenar dan keteguhan semangat penduduknya. Tarian tersebut amat digemari oleh penduduk etnik Hui di seluruh negara, Seni tari etnik Hui bermula dari abad ke-7. Ekoran pembukaan laluan sutera pada abad ke-2 sebelum Masihi, pertukaran pelbagai budaya berkembang pesat. Muzik dan tarian digemari ramai dan tersebar sampai ke Zhongyuan dari kawasan barat. Pada zaman Dinasti Wei dan Jin, alat muzik Qiuci mula dikenali semasa Luguang menduduki Liangzhou. Pada zaman Dinasti Zhou utara, Ashnashi, maharani puak Tujue membawa masuk sekumpulan pemuzik dan penari dari Asia Tengah ke kawasan tengah China. Kebanyakan lagu dan tarian dari kawasan barat Dinasti Beichao tersebar masuk ke kawasan tengah China dan amat popular pada zaman Dinasti Sui dan Tang. Kawasan tengah China semakin terkenal dengan tersebarnya banyak lagu dan tarian oleh golongan seniman yang bertujuan untuk memperbaharui lagu dan tarian . Kebanyakan penduduk yang tinggal di pelbagai negara Asia Tengah memeluk agama Islam selepas zaman Dinasti Tang. Mereka menjadi asal usul nenek moyang penduduk etnik Hui di China. Tarian etnik-etnik di kawasan tengah China tersebar dari negara tersebut. Ia menjadi asal usul tarian yang digemari oleh penduduk etnik Hui.

Menurut catatan buku "Sejarah Etnik Hui China", kebanyakan warga Arab, Parsi dan negara-negara di Asia Tengah yang beragama Islam berhijrah ke China disebabkan oleh laluan sutera yang berkembang dan pembukaan lalu lintas antara China dengan negara-negara barat pada abad ke-7 hingga ke-13 sebelum masihi. Mereka dan penduduk Arab dan Parsi yang berhijrah ke kawasan pantai China merupakan keturunan penduduk etnik Hui. Lagu dan tarian yang tersebar di kawasan barat juga disunting secara ringkas dalam "Buku Sejarah China", iaitu Tarian Huteng, Tarian Wanita Huxuan, dan Tarian Pedang yang terkenal di China dan sangat digemari oleh penduduk Dinasti Tang.

Perbadanan lagu dan tarian Hui yang khusus telah dibentuk pada zaman Dinasti Yuan dan diuruskan oleh warga etnik Hui. Ini membuktikan bahawa kesenian etnik Hui diberi perhatian yang besar oleh pemerintah Dinasti Yuan. Kegiatan kejayaan penduduk etnik Hui telah memainkan peranan yang besar dalam pembangunan masyarakat Dinasti Yuan. Kebanyakan orang etnik Hui tinggal berjiran dengan penduduk etnik Han dan etnik-etnik lain untuk mencari rezeki turun-temurun.

Silat Wushu dan irama muzik Huaer di kalangan rakyat telah berkembang dalam bidang kebuayaan. Sebilangan besar penduduk etnik Hui menerima budaya penduduk etnik Han selepas zaman Dinasti Yuan untuk mencapai kemajuan dan menerima banyak persamaan dengan penduduk etnik Han dalam bidang bahasa, budaya dan adat resam. Misalnya, lagu Huaer yang tersebar di provinsi Gansu, Qinghai dan Wilayah Autonomi Ningxia yang didiami oleh penduduk etnik Hui.

Banyak lagu rakyat dengan seni kata lagu yang sederhana, dan irama yang menawan hati, antaranya, terdapat yang melalui proses evolusi daripada nyanyian dan tarian tradisional. Misalnya, Langhuaer. Penduduk etnik Hui mengutarakan hasrat dan harapan terhadap kebahagiaan dengan nyanyian Huaer. Oleh itu, Huaer, sejenis program kesenian nyanyian dan tarian di kalangan penduduk etnik Hui terbentuk secara beransur-ansur.

"Putera Hua'er" telah digubah oleh pekerja tarian provinsi Qinghai berasaskan irama Huaer dan Badagun Qinghai sejak terdirinya Republik Rakyat China. Tarian yang amat terkenal di arena tarian seluruh negara China ini telah menjadi contoh untuk meningkatkan taraf tarian etnik Hui yang digemari oleh penduduk etnik tersebut di China.CRI/-

Penemuan Islam Membuka Mata Dunia

8 Muharram 1431h
Email : ridzuan wan

Abu Ali al-Hasan Ibnu al-Hasan Ibnu al-Haitham, adalah seorang ilmuan islam penemu kamera obscura. Pada akhir abad ke-10 M, al-Haitham berhasil menemukan sebuah kamera obscura. (SuaraMedia News)

Surat kabar terkemuka di Inggris, The Independent pada edisi 11 Maret 2006 sempat menurunkan sebuah artikel yang sangat menarik bertajuk ''Bagaimana para inventor muslim mengubah dunia.'' The Independent menyebut sekitar 20 penemuan penting para ilmuwan Muslim yang mampu mengubah peradaban umat manusia, salah satunya adalah penciptaan kamera obscura.

Kamera merupakan salah satu penemuan penting yang dicapai umat manusia. Lewat jepretan dan bidikan kamera, manusia bisa merekam dan mengabadikan beragam bentuk gambar mulai dari sel manusia hingga galaksi di luar angkasa. Teknologi pembuatan kamera, kini dikuasai peradaban Barat serta Jepang. Sehingga, banyak umat Muslim yang meyakini kamera berasal dari peradaban Barat.

Jauh sebelum masyarakat Barat menemukannya, prinsip-prinsip dasar pembuatan kamera telah dicetuskan seorang sarjana Muslim sekitar 1.000 tahun silam. Peletak prinsip kerja kamera itu adalah seorang saintis legendaris Muslim bernama Ibnu al-Haitham. Pada akhir abad ke-10 M, al-Haitham berhasil menemukan sebuah kamera obscura.

Itulah salah satu karya al-Haitham yang paling menumental. Penemuan yang sangat inspiratif itu berhasil dilakukan al-Haithan bersama Kamaluddin al-Farisi. Keduanya berhasil meneliti dan merekam fenomena kamera obscura. Penemuan itu berawal ketika keduanya mempelajari gerhana matahari. Untuk mempelajari fenomena gerhana, Al-Haitham membuat lubang kecil pada dinding yang memungkinkan citra matahari semi nyata diproyeksikan melalui permukaan datar.

Kajian ilmu optik berupa kamera obscura itulah yang mendasari kinerja kamera yang saat ini digunakan umat manusia. Oleh kamus Webster, fenomena ini secara harfiah diartikan sebagai ''ruang gelap''. Biasanya bentuknya berupa kertas kardus dengan lubang kecil untuk masuknya cahaya. Teori yang dipecahkan Al-Haitham itu telah mengilhami penemuan film yang kemudiannya disambung-sambung dan dimainkan kepada para penonton.

"Kamera obscura pertama kali dibuat ilmuwan Muslim, Abu Ali Al-Hasan Ibnu al-Haitham, yang lahir di Basra (965-1039 M),'' ungkap Nicholas J Wade dan Stanley Finger dalam karyanya berjudul The eye as an optical instrument: from camera obscura to Helmholtz's perspective.

Dunia mengenal al-Haitham sebagai perintis di bidang optik yang terkenal lewat bukunya bertajuk Kitab al-Manazir (Buku optik). Untuk membuktikan teori-teori dalam bukunya itu, sang fisikawan Muslim legendaris itu lalu menyusun Al-Bayt Al-Muzlim atau lebih dikenal dengan sebutan kamera obscura, atau kamar gelap.

Bradley Steffens dalam karyanya berjudul Ibn al-Haytham:First Scientist mengungkapkan bahwa Kitab al-Manazir merupakan buku pertama yang menjelaskan prinsip kerja kamera obscura. "Dia merupakan ilmuwan pertama yang berhasil memproyeksikan seluruh gambar dari luar rumah ke dalam gambar dengan kamera obscura," papar Bradley.

Istilah kamera obscura yang ditemukan al-Haitham pun diperkenalkan di Barat sekitar abad ke-16 M. Lima abad setelah penemuan kamera obscura, Cardano Geronimo (1501 -1576), yang terpengaruh pemikiran al-Haitham mulai mengganti lobang bidik lensa dengan lensa (camera).

Setelah itu, penggunaan lensa pada kamera onscura juga dilakukan Giovanni Batista della Porta (1535–1615 M). Ada pula yang menyebutkan bahwa istilah kamera obscura yang ditemukan al-Haitham pertama kali diperkenalkan di Barat oleh Joseph Kepler (1571 - 1630 M). Kepler meningkatkan fungsi kamera itu dengan menggunakan lensa negatif di belakang lensa positif, sehingga dapat memperbesar proyeksi gambar (prinsip digunakan dalam dunia lensa foto jarak jauh modern).

Setelah itu, Robert Boyle (1627-1691 M), mulai menyusun kamera yang berbentuk kecil, tanpa kabel, jenisnya kotak kamera obscura pada 1665 M. Setelah 900 tahun dari penemuan al-Haitham pelat-pelat foto pertama kali digunakan secara permanen untuk menangkap gambar yang dihasilkan oleh kamera obscura. Foto permanen pertama diambil oleh Joseph Nicephore Niepce di Prancis pada 1827.

Tahun 1855, Roger Fenton menggunakan plat kaca negatif untuk mengambil gambar dari tentara Inggris selama Perang Crimean. Dia mengembangkan plat-plat dalam perjalanan kamar gelapnya - yang dikonversi gerbong. Tahun 1888, George Eastman mengembangkan prinsip kerja kamera obscura ciptaan al-Hitham dengan baik sekali. Eastman menciptakan kamera kodak. Sejak itulah, kamera terus berubah mengikuti perkembangan teknologi.

Sebuah versi kamera obscura digunakan dalam Perang Dunia I untuk melihat pesawat terbang dan pengukuran kinerja. Pada Perang Dunia II kamera obscura juga digunakan untuk memeriksa keakuratan navigasi perangkat radio. Begitulah penciptaan kamera obscura yang dicapai al-Haitham mampu mengubah peradaban dunia.

Peradaban dunia modern tentu sangat berutang budi kepada ahli fisika Muslim yang lahir di Kota Basrah, Irak. Al-Haitham selama hidupnya telah menulis lebih dari 200 karya ilmiah. Semua didedikasikannya untuk kemajuan peradaban manusia. Sayangnya, umat Muslim lebih terpesona pada pencapaian teknologi Barat, sehingga kurang menghargai dan mengapresiasi pencapaian ilmuwan Muslim di era kejayaan Islam.

Sejarah Sang Penemu Kamera Obscura

Tahukah Anda, kata kamera yang digunakan saat ini berasal dari bahasa Arab, yakni qamara. Istilah itu muncul berkat kerja keras al-Hatham. Bapak fisika modern itu terlahir dengan nama Abu Ali al-Hasan Ibnu al-Hasan Ibnu al-Haitham di Kota Basrah, Persia, saat Dinasti Muwaih dari Persia menguasai Kekhalifahan Abbasiyah.

Sejak kecil al-Haitham dikenal berotak encer. Ia menempuh pendidikan pertamanya di tanah kelahirannya. Beranjak dewasa ia merintis kariernya sebagai pegawai pemerintah di Basrah. Namun, Al-Haitham lebih tertarik untuk menimba ilmu dari pada menjadi pegawai pemerintah. Setelah itu, ia merantau ke Ahwaz dan metropolis intelektual dunia saat itu yakni kota Baghdad. Di kedua kota itu ia menimba beragam ilmu. Ghirah keilmuannya yang tinggi membawanya terdampar hingga ke Mesir.

Al-Haitham pun sempat mengenyam pendidikan di Universitas al-Azhar yang didirikan Kekhalifahan Fatimiyah. Setelah itu, secara otodidak, ia mempelajari hingga menguasai beragam disiplin ilmu seperti ilmu falak, matematika, geometri, pengobatan, fisika, dan filsafat.

Secara serius dia mengkaji dan mempelajari seluk-beluk ilmu optik. Beragam teori tentang ilmu optik telah dilahirkan dan dicetuskannya. Dialah orang pertama yang menulis dan menemukan pelbagai data penting mengenai cahaya. Konon, dia telah menulis tak kurang dari 200 judul buku.

Dalam salah satu kitab yang ditulisnya, Alhazen - begitu dunia Barat menyebutnya - juga menjelaskan tentang ragam cahaya yang muncul saat matahari terbenam. Ia pun mencetuskan teori tentang berbagai macam fenomena fisik seperti bayangan, gerhana, dan juga pelangi.

Keberhasilan lainnya yang terbilang fenomenal adalah kemampuannya menggambarkan indra penglihatan manusia secara detail. Tak heran, jika 'Bapak Optik' dunia itu mampu memecahkan rekor sebagai orang pertama yang menggambarkan seluruh detil bagian indra pengelihatan manusia. Hebatnya lagi, ia mampu menjelaskan secara ilmiah proses bagaimana manusia bisa melihat.

Teori yang dilahirkannya juga mampu mematahkan teori penglihatan yang diajukan dua ilmuwan Yunani, Ptolemy dan Euclid. Kedua ilmuwan ini menyatakan bahwa manusia bisa melihat karena ada cahaya keluar dari mata yang mengenai objek. Berbeda dengan keduanya, Ibnu Haytham mengoreksi teori ini dengan menyatakan bahwa justru objek yang dilihatlah yang mengeluarkan cahaya yang kemudian ditangkap mata sehingga bisa terlihat.

Secara detail, Al-Haitham pun menjelaskan sistem penglihatan mulai dari kinerja syaraf di otak hingga kinerja mata itu sendiri. Ia juga menjelaskan secara detil bagian dan fungsi mata seperti konjungtiva, iris, kornea, lensa, dan menjelaskan peranan masing-masing terhadap penglihatan manusia. Hasil penelitian Al-Haitham itu lalu dikembangkan Ibnu Firnas di Spanyol dengan membuat kaca mata.

Dalam buku lainnya yang diterjemahkan dalam bahasa Inggris berjudul Light On Twilight Phenomena, al-Haitham membahas mengenai senja dan lingkaran cahaya di sekitar bulan dan matahari serta bayang-bayang dan gerhana.

Menurut Al-Haitham, cahaya fajar bermula apabila matahari berada di garis 19 derajat ufuk timur. Warna merah pada senja akan hilang apabila matahari berada di garis 19 derajat ufuk barat. Ia pun menghasilkan kedudukan cahaya seperti bias cahaya dan pembalikan cahaya.

Al-Haitham juga mencetuskan teori lensa pembesar. Teori itu digunakan para saintis di Italia untuk menghasilkan kaca pembesar pertama di dunia. Sayangnya, hanya sedikit yang terisa. Bahkan karya monumentalnya, Kitab al-Manazhir , tidak diketahui lagi keberadaannya. Orang hanya bisa mempelajari terjemahannya yang ditulis dalam bahasa Latin.(rpb) SuaraMedia.Com