22 September 2010

Andaikan

12 Syawal 1431 H
Oleh: Jarjani Usman

“Kalau kamu berbuat baik berarti kamu berbuat baik untuk dirimu. Dan jika kamu berbuat buruk berarti kamu telah berbuat buruk atas dirimu pula” (QS. Al Isra’: 7).

Jelas sekali disebutkan dalam ayat di atas bahwa semua berpulang kepada diri kita sendiri.Bukan hanya kebaikan yang kita perbuat, tetapi juga keburukan.

Tentang kebaikan, dapat disimak dalam kisah berikut.Suatu hari Rasulullah mengantar jenazah. Setelah itu, beliau mendatangi rumah duka untuk menenangkan keluarganya.

Pada saat itu, beliau sempat menanyakan kepada isteri yang meninggal tentang wasiat yang ditinggalkannya. Pihak isteri memberitahukan bahwa sebelum meninggal, suaminya sempat mengucapkan “Andaikan” beberapa kali. Salah satunya adalah: “Andaikan semuanya…”

Pihak isteri tidak tahu maksudnya. Lalu Rasulullah memastikan bahwa itu kebaikan. Sebab, yang meninggal dunia pernah dengan hati yang ikhlas memberi makan seseorang dengan setengah dari makanannya, sedangkan yang setengah lagi dimakan untuk sendiri.

Di saat mau meninggal dunia, ia diperlihatkan pahala dari perbuatan baiknya itu, sehingga keluar kata-kata dari mulutnya, “Andaikan makanan itu semua diberikan kepada orang yang sedang lapar itu.”

Kisah ini mengajak kita untuk tak pernah merasa rugi sedikitpun kalau berbuat kebaikan, meskipun terhadap orang yang tak punya hubungan keluarga. Semua makhluk Allah, sehingga Allah akan membalas kepada siapa saja yang berbuat baik kepada makhluknya. Lebih-lebih membantu sesama manusia.

Tiada ulasan: