19 Jun 2013

Berdosa


10 Syaaban 1434 H. [MOD] -


Oleh: Jarjani Usman

“Allah telah berfirman,’Wahai hamba-hamba-Ku, setiap kalian pasti berdosa kecuali yang Aku jaga. Maka ber-istighfar-lah kalian kepada-Ku, niscaya kalian Aku ampuni” (HR.Ibnu Majah, Tirmidzi).

Dalam kata-kata yang diucapkan, bisa dikenali bagaimana seseorang meletakkan dirinya terhadap persoalan siapa yang berdosa.  Sebahagian orang, ketika menyebut dosa, menggunakan kata-kata “dia”, “mereka”, dan “kalian” atau “kamu”.  Orang lain diletakkan (selalu) melakukan dosa.  Sedangkan dirinya semacam  tidak berdosa.

Padahal telah dikatakan bahwa setiap hamba tidak terlepas dari dosa, kecuali yang dijaga Allah seperti Nabi Muhammad SAW.  Dengan demikian, seseorang yang alim atau senantiasa mengajak orang lain kepada kebenaran pun berpeluang mempunyai dosa, Apalagi manusia adalah makhluk pelupa dan mudah terpedaya oleh keindahan dunia.

Karena itu, sangat elok bila sesama insan (yang berdosa), kita menggunakan kata yang menunjukkan kesalingan. Artinya, kita tidak hanya menunjuk orang lain, kita juga demikian.  Sehingga perlu mengajak orang lain sekaligus mengajak diri sendiri untuk tidak melakukan perbuatan dosa. Kata-kata yang bernada kesalingan yang seharusnya dilakukan manusia bisa ditemukan dalam Kitab Suci Alquran.  Dalam surah al ‘Ashr, misalnya, disebutkan: “...nasehat-menasehati supaya menaati kebenaran” dan “ nasehat-menasehati untuk menetapi kesabaran”. http://aceh.tribunnews.com

Tiada ulasan: