16 Ogos 2009

The Art of Leadership in Islam

Penulis DR. Muhammad Fathi

Pemimpin itu bertugas tidak sekedar mengarahkan, membawahi, memerintah. Tapi ia lebih kepada teladan dan tanggung jawab. Hanya mereka mempunyai intuisi pemimpin, maka sebaiknya ia banyak belajar dari gaya leadership Rasulullah. Bagi beliau pemimpin itu tidak saja mendireksi, membawahi, meluruskan tapi lebih dari itu adalah amanah besar, baik kepada manusia dan kepada Allah.

Dalam buku ini penulis yang merupakan Pakar Manajemen dan Pengembangan diri memaparkan bahwa dalam kepemimpinan itu ada unsur-unsur yang harus dipenuhi: asy-syura (musyawarah) , muru’ah (menjaga kehormatan diri), kedermawanan dan kemuliaan, keberanian dalam kebenaran, ash-shidq (kejujuran), al-intima (berafiliasi) , optimisme, humor dan bercanda, mengenal tabiat masyarakat, mempersiapkan barisan kedua (generasi penerus).

Buku ini bisa menjadi panduan bagi kita karena di sini dibahas mengenai kepemimpinan dan kecakapan pribadi Rasulullah dimana Beliau telah banyak melahirkan pemimpin-pemimpin besar yang telah membuat sejarah besar selain itu juga dalam buku ini dibahas kepemimpina Abu Bakar dan Umar bin Al-Khatab Al-Faruq.

Penerbit : Khalifa (Group Pustaka AI-Kautsar)

Cetakan : Pertama, Juli 2009

Terbit : Agustus 2009

Tebal : 392 Halaman

Tiada ulasan: