21 August 2013

Berapa nilai kekayaan Hosni Mubarak?

14 Syawal 1434 H. [MOD] -



Nama Hosni Mubarak tak syak lagi sudah boleh dimasukkan ke dalam daftar nama-nama diktator kaya di seluruh dunia. Hampir semua diktator di dunia ini selalu mempunyai pola yang sama iaitu pada dasarnya meninggalkan kekuasaannya setelah mencuri wang dari rakyatnya. 




Pemimpin Afghanistan, Hamid Karzai adalah contoh lain dari seorang lelaki yang disuap AS dan menimbun kekayaan sendiri sementara rakyat di negaranya kelaparan. 

Seberapa besar kekayaan Mubarak? Menurut sebuah laporan, Mubarak sekurang-kurangnya menyimpan kekayaan pribadi bernilai 40 billion dolar. 

Selama 30 tahun berkuasa, keluarga Mubarak menguasai real estet, perputaran wang tunai, kapal pesiar kerajaan, dan memiliki 40 billion dollar dalam bentuk tunai. 

Selain itu juga ia diduga masih memiliki aset tersembunyi di bank di seluruh dunia untuk memudahkan akses. Di antaranya di: Jerman, Amerika Syarikat, Britain, Swiss, Scotland, Dubai, Madrid dan negara lainnya. Keluarga Alaa Mubarak memiliki kekayaan di dalam negeri atau di kota-kota besar Amerika Syarikat Washington, LA, dan New York. 

Isteri Mubarak, Suzanne Mubarak dan kedua anaknya juga sangat kaya. Suzanne bahkan ditaksir mengumpulkan kekayaan sampai 3-5 billion dollar dan dipergunakan untuk peribadinya sendiri. 

Kekayaan Mubarak juga memiliki hubungan besar dengan kepentingan korporasi AS seperti: Marlboro, Hermes, McDonalds, Vodafone, Hyundai, Chili dan perusahaan besar lainnya. 

Kini Mubarak akan segera dibebaskan dari penjara. Pemerintah Mesir juga menyatakan bahwa Mubarak bebas dari rasuah. 

-islampos

No comments: