08 Februari 2012

Makam Penyanyi Mesir Kuno Ditemukan

15 Rabi'ul Awal 1433H. [MOD] -



Arkeolog Swiss menemukan makam penyanyi Mesir kuno yang berusia 3.000 tahun di wilayah Lembah Para Raja, Mesir. Menteri Kebudayaan dan Kepurbakalaan Mesir Mohammed Ibrahim mengatakan kepada media, Minggu (15/1/2012), di Kairo.

Penemuan langka itu sebenarnya terjadi secara kebetulan. Penemunya ialah tim ilmuwan asal Universitas Basel, Swiss, yang dipimpin oleh Elena Pauline-Grothe dan Susanne Bickel. Makam tepatnya ditemukan di wilayah Karnak, Luxor.

Ibrahim, seperti diberitakan AFP, Minggu, mengatakan bahwa sosok penyanyi yang dimakamkan adalah putri dari Pendeta Amon. Nama penyanyi itu adalah Nehmes Bastet. Ia merupakan penyanyi untuk pemujaan Dewa Amon Ra pada saat dinasti ke-22 berkuasa (945-712 SM).

Identitas penyanyi tersebut tercantum dalam sebuah prasasti dari kayu yang ditemukan di dalam makam tersebut. Menurut para arkeolog, penemuan ini tergolong penting.

"Ini menunjukkan bahwa Lembah Para Raja juga digunakan sebagai makam orang biasa dan pemuka agama dari dinasti ke-22," kata Ibrahim. Sebab, selama ini, seluruh makam yang ditemukan di Lembah Para Raja merujuk kepada keluarga Mesir Kuno.

Sumber : http://sains.kompas.com/read/2012/01/16/18382689/Makam.Penyanyi.Mesir.Kuno.Ditemukan

Tiada ulasan: