10 Julai 2010

Kesalahan

26 Rejab 1431 H
Oleh: Jarjani Usman

“Wahai anakku, lupakanlah semua kesalahan orang terhadap dirimu dan lupakanlah budi baikmu terhadap orang lain’ (Luqman).Sejuk rasanya di hati manakaka mendengar pesan singkat seperti di atas.

Itulah pesan dari seorang hamba Allah yang terkenal ketaatannya dan namanya ditabalkan sebagai salah satu surah dalam Al-Qur’an. Isinya bagaikan siraman air kedamaian yang menyejukkan sanubari setiap insan.

Kalau mengenai tanah akan menumbuhkan tanaman-tanaman yang menawarkan keteduhan dan menjadi pagar ketentraman bagi segenap makhluk di muka bumi ini.

Memang untuk mendapatkan isi yang indah seperti itu terkadang harus berjuang mengupas kulitnya yang mencengkeram kuat, sehingga enggan dilakukan oleh orang kebanyakan.

Melupakan kesalahan orang dan melupakan budi baik kita terhadap orang lain, misalnya, adalah perbuatan yang hanya mudah dilakukan oleh orang-orang yang mengharapkan keridhaan Allah yang tulus melaksanakannya.

Meskipun berat perjuangan untuk melaksanakan perbuatan ini, perlu diupayakan semaksimal mungkin.

Sebab, betapa besar penghargaan Allah bagi yang ikhlas melaksanakannya.Akan lebih besar lagi penghargaan Allah bila selanjutnya perbuatan ini bermuara pada terciptanya kedamaian antar sesama.

Tiada ulasan: