27 Mei 2008

ADUN Titi Serong tahnik mulut bayi

PARIT BUNTAR, 26 Mei :- ADUN Titi Serong, Drs. Khalil Idham Lim meluangkan waktunya untuk menyampai hajat sebuah keluarga yang datang dari Tanjung Piandang ke rumahnya bagi mentahnik mulut bayi yang baru lahir di sini petang tadi .


Drs. Khalil mentahnik bayi DUN Titi Serong

Pengertian tahnik secara bahasa dan syr’ie adalah mengunyah sesuatu dan meletakkannya di mulut bayi. Maka dikatakan engkau mentahnik bayi, jika engkau mengunyah kurma kemudian menggosokkannya di langit-langit mulut bayi.

Dianjurkan agar yang melakukan tahnik adalah orang yang memiliki keutamaan,dikenal sebagai orang yang baik dan berilmu. Dan hendaklah ia mendo’akan kebaikan (barakah) bagi bayi tersebut.

Dalil tentang tahnik ini disebutkan dalam beberapa hadits di antaranya.

Dari Abu Musa al-Asy’ari Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata.“Artinya : Lahir seorang anakku maka aku membawanya ke hadapan NabiShallallahu ‘alaihi wa sallam maka beliau memberinya nama Ibrahim. Beliau mentahniknya dengan kurma dan mendoakan barakah untuknya. Kemudian beliaumenyerahkan bayi itu kepadaku”

Dalam hadits yang lain, Dari Asma binti Abi Bakar Ash-Shiddiq ketika ia sedang mengandung Abdullahbin Az-Zubair di Makkah, ia berkata.
Artinya : Aku keluar dalam keadaan hamil menuju kota Madinah. Dalamperjalanan aku singggah di Quba dan di sana aku melahirkan. Kemudian aku mendatangi Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan meletakkan anakku dipangkuan beliau. Beliau meminta kurma lalu mengunyahnya dan meludahkannya kemulut bayi itu, maka yang pertama kali masuk ke kerongkongannya adalah ludah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Setelah itu beliau mentahniknya dengan kurma dan mendoakan barakah baginya. Lalu Allah memberikan barakah kepadanya (bayi tersebut)”

Tiada ulasan: