27 Ogos 2010

Sahur

16 Ramadhan 1431 H
Oleh: Jarjani Usman

“Sahur adalah makan yang penuh berkah, jangan kalian sekali kali meninggalkannya walaupun di antara kalian cuma meneguk seteguk air, sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya bersalawat kepada orang orang yang sedang bersahur” (HR. An Nasai dan Ahmad).

BANGUN sahur, bagi sebahagian orang, terasa sangat berat. Mata terasa amat kantuk dan tubuh terasa begitu lemas, apalagi bila terlambat tidur. Namun, kalau difahami manfaatnya dan benar-benar diniatkan untuk semata-mata mencari keridhaan Allah, bangun untuk makan sahur sebagai persiapan berpuasa akan terasa ringan, apalagi banyak manfaatnya.

Lagipula, makan sahur bukan hanya penting bagi keberlangsungan kesehatan tubuh, sebagaimana dikatakan para ahli kesehatan, tetapi juga mengandung berkah atau kebaikan yang tetap. Yang juga penting adalah Allah dan para malaikat bersalawat. Doa malaikat tentunya penting sekali.

Apalagi doa sebahagian orang bisa terhalang karena kesalahan sendiri, seperti gemar makan makanan haram, tergesa-gesa dan tidak serius dalam berdoa.

Doa dari para malaikat tentunya sangat penting bagi kebaikan kita manusia. Sebagaimana diketahui, malaikat adalah makhluk yang paling suci dari segala dosa dan paling taat terhadap segala perintah Allah.

Tidak membantah sedikitpun bila diperintah, sehingga doa mereka akan mudah dikabulkan Allah. Karena itu, beruntunglah bagi siapa saja di antara manusia yang berhasil memperoleh doa dari para malaikat, seperti dalam bulan suci Ramadhan.

Tiada ulasan: