06 Ogos 2009

Tungku Berusia 3.000 Tahun Ditemukan di India

Oleh : Sirajuddin Abbas

NEW DELHI (KONTEKAJA) - Beberapa arkeolog India menemukan tungku dan perkakas lain berusia 3.000 tahun di Daulatpur, dekat kota kecil bersejarah Kurukshetra, India utara.

Seperti dilaporkan harian setempat berbahasa Hindi, Danik Bhaskar, Minggu (5/4), para ilmuwan percaya tempat tersebut pernah dijadikan pabrik pembuatan perkakas. Sebagian perkakas yang ditemukan sudah dibakar, sementara yang lain setengah terbakar.
Tungku semacam itu ditemukan untuk pertama kali di negeri tersebut. Selain itu, satu tungku masak juga telah ditemukan.

Semua tungku dan perkakas tersebut ditemukan ketika arkeolog dari Sri Krishan Museum, Rajendra Singh, dan timnya menggali daerah itu sewaktu mereka mencari barang penting bersejarah untuk pameran di daerah tersebut.

Penggunaan lumpur guna memenuhi tujuan warga setempat telah memberi tanda mengenai adanya tempat pembakaran di bawahnya.

"Dalam upaya penggalian sebelumnya sekitar 35 tahun lalu, sebagian barang telah ditemukan di tempat tersebut, tapi temuan saat ini telah mengukuhkan keberadaan peradaban di sekitar Kurukhshetra sekitar 3.000 tahun lalu," kata laporan itu, yang mengutip keterangan para ilmuwan yang mengerjakan proyek tersebut. - ant

Tiada ulasan: